Wednesday, November 18, 2015

INDONESIA:::Buruh: Mogok Nasional Legal dan Dijamin Oleh Undang-Undang

Jakarta — Sejumlah pimpinan serikat buruh pada siang hari ini kembali melakukan konferensi pers terkait rencana mogok nasional. Agenda tersebut dilakukan di gedung Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.
Pada kesempatan tersebut juga hadir advokat dari LBH Jakarta, yang bersama dengan kurang lebih 100 orang advokat dari 10 organisasi masyarakat sipil lain akan siap mendampingi aksi unjuk rasa buruh dalam berbagai bentuk, termasuk diantaranya aksi mogok nasional.

Menurut Said Iqbal, Presiden KSPI, mogok nasional itu adalah konstitusional yang didasari landasan hukum UU Nomor 9 tahun 1998, tentang menyampaikan pendapat dimuka umum. Atau juga UU Nomor 21 tahun 2000 pasal 4 ayat 2 e, disebutkan bahwa serikat buruh mempunyai hak untuk mengorganisir pemogokan.
“Kami secara terbuka juga sudah memberitahukan ke pihak kepolisian daerah, juga perusahaan. Dan kami terbuka, melakukan pemberitahuan, mengundang media dan lain sebagainya,” ujarnya.
Sementara itu, menurut Maruli dari LBH Jakarta, siapapun yang menghalangi mogok maka itu melawan konstitusi. “Kalau pengusaha mem-PHK buruh yang mogok, maka akan terkena pidana 4 tahun, karena melanggar kebebasan buruh dalam menjalankan agenda dari serikat buruh,” ujarnya menjelaskan.
Ia juga menyampaikan himbauan kepada pihak aparat kepolisian untum tidak boleh terlibat dalam mogok nasional dan hanya memfasilitasi buruh melakukan aksinya. “Polisi harus berposisi netral bukan berpihak dari pemodal untuk membungkam aksi protes buruh apalagi melakukan represi,” terang pemuda berkaca mata itu.
Menurutnya advokat yang melakukan pendampingan juga adalah penegak hukum sesuai dengan UU No 18 tahun 2003 tentang advokat. “Polisi tidak boleh menghalangi pendampingan buruh. Bantuan hukum bentuknya bisa di persidangan dan di luar persidanhan dengan melakukan pendampingan di lapangan atau nasehat hukum.
Pada penutupnya, Maruli mengatajan bahwa masih akan membuka diri untuk advokat lain yang mau bergabung untuk membela hak buruh yang dimiskinkan dengan hadirnya Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. (gum)
Tim Advokasi Buruh dan Rakyat Siap Berikan Perlindungan Hukum Dalam Mogok Nasional

Jakarta – Berbagai organisasi masyarakat sipil dan ratusan advokat siap mendukung unjuk rasa dan mogok nasional buruh dalam menolak Peraturan Pemerintah Nomor 78/2015 tentang Pengupahan.

 Para advokat bernama Tim Advokasi Buruh dan Rakyat (TABUR) Tolak PP Pengupahan.              
                                                                                          http://www.labourbulletin.com/2015/11/indonesiatim-advokasi-buruh-dan-rakyat.html                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         
Kami di Malaysia mendoakan yg terbaik untuk rakan rakan di sana, terus berjuang pasti menang ............ 

Mohon juga click Like page dibawah sebagai sokongan untuk kami terus membantu TKI indonesia di malaysia

https://www.facebook.com/MigrantResourceCentreMRC/

No comments:

Post a Comment